Monday, March 9, 2020

Teks Eksplanasi-COVID19

Pernyataan Umum : 

   COVID-19 adalah jenis baru coronavirus yang sebelumnya belum pernah diidentifikasi pada manusia. Virus Corona merupakan keluarga virus yang berkisar dari flu biasa hingga MERS Coronavirus (Middle East Respiratory Syndrome coronavirus) dan SARs (Severe acute respiratory syndrome coronavirus). Virus Corona diidentifikasi sebagai penyebab penyakit pada saluran pernapasan atau yang sering disebut pneumonia akut yang menyerang imunitasi tubuh. 

  Bentuk virus yang masih bersaudara dengan penyebab SARS dan MERS ini persis mahkota. Bentuk mahkota ditandai protein S berupa sepatu yang tersebar di sekeliling permukaan virus. Dikutip dari situs LIPI, virus Corona memiliki satu rantai RNA sehingga kerap disebut virus RNA. Virus jenis ini bermutasi lebih cepat dibanding DNA hingga satu juta kali.

Image result for what does corona virus look like

Penjelasan Sebab-Akibat : 

    Virus Corona pertama kali terdeteksi muncul di Kota Wuhan, Tiongkok. Virus ini diketahui pertama kali muncul di pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan. Dan orang pertama yang jatuh sakit akibat virus ini juga diketahui merupakan para pedagang di pasar itu.

   Dikutip dari BBC, koresponden kesehatan dan sains BBC, Michelle Roberts and James Gallager mengatakan, di pasar grosir hewan dan makanan laut tersebut dijual hewan liar seperti ular, kelelawar, dan ayam. Mereka menduga virus corona baru ini hampir dapat dipastikan berasal dari ular. Diduga pula virus ini menyebar dari hewan ke manusia, dan kemudian dari manusia ke manusia. 

   Virus Corona diketahui pertama menyebar karena transmisi dari hewan, orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut. Selain itu, virus ini juga dapat bertransmisi dari air yang biasanya berupa cairan tubuh yang keluar sadar berbicara, batuk, dan bersin. Cairan ini dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. 

  Virus Corona memiliki masa inkubasi setelah memasuki tubuh manusia hingga menunjukkan gejala-gejala awal. Waktu tercepat inkubasinya adalah 2 sampai 3 hari sedangkan paling lama bisa mencapai 14 hari. Selama virus tersebut dalam masa inkubasi, virusnya masih dapat menular pada orang lain sehingga agak sulit untuk mendeteksi penyebaran virus ini. 

    Setelah masa inkubasi, gejala awal yang ditunjukkan oleh penderita COVID-19 adalah flu. Kemudian disertai dengan demam di atas 38 derajat, batuk kering, dan sesak nafas. Bahkan dalam beberapa kasus dikatakan bahwa penderita juga dapat mengalami gagal napas. 

Interpretasi : 

     COVID-19 merupakan hal yang baru bagi semua orang dan sudah terbukti bahwa penyakit ini dapat menyebabkan kematian terutama pada orang-orang yang sudah lanjut usia dan memiliki penyakit lainnya seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan lain-lain. Maka dari itu, beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah tertular virus corona adalah: 
  1. Mencuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik, atau pencuci tangan yang minimal mengandung 60 persen alkohol.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci.
  3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  4. Menggunakan masker apabila sedang sakit.
  5. Istirahat yang cukup dan rajin berolahraga.


Sumber informasi : 

No comments:

Post a Comment