Thursday, November 15, 2018

Teks Pidato "Pentingnya Introspeksi Diri"

      Selamat pagi yang saya hormati, bapak Thomas Kristo, selaku kepala sekolah SMAK PENABUR Kota Tangerang. Yang saya hormati bapak ibu guru sekalian, serta yang saya kasihi teman-teman kelas 10, 11, dan 12 SMAK PENABUR Kota Tangerang. Puji syukur patut kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNYA yang telah mengumpulkan kita semua di tempat ini dengan cuaca yang baik. Saya, Christina, selaku perwakilan OSIS bidang 2 pada hari ini akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya introspeksi diri. Tentunya hadirin sekalian sudah berulangkali mendengar kata introspeksi diri, namun hari ini saya akan menyampaikan kembali tentang pentingnya atau manfaatnya introspeksi diri. 

     Mungkin kita semua memang sudah sering mendengar kata introspeksi diri, tetapi apakah kita terbiasa melakukannya? Atau mungkin apakah kita terbiasa melakukannya? Atau mungkin apakah kita pernah melakukannya? Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masyarakat era modern memang cenderung bersikap egois dan tidak mau disalahkan. Maka dari itulah sangat diperklukan penjelasan mengenai pentingnya introspeksi diri, agar masyarakat sadar dan tergerak juga melakukannya. 

      Tentunya memiliki kesadaran untuk mengintrospeksi diri tidaklah mudah, tetapi sebagai manusia yang dewasa, sudah selayaknya kita mengintrospeksi diri. Karena dengan mengintrospeksi diri berarti kita bercermin dan merenungkan kembali segala hal yang telah kita lakukan, yang tentunya masih banyak hal yang perlu dibenahi dalam sikap dan perilaku kita dalam mengambil keputusan. Selain itu, dengan mengintrospeksi diri berarti kita menunjukkan bahwa kita sudah cukup dewasa untuk menyadari dan menerima kekurangan dalam diri kita serta bersedia untuk memperbaikinya. 

       Selain itu, interospeksi diri ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Banyak orang yang melakukan interospeksi diri di penghujung hari sebelum mereka beristirahat. Mereka mengingat kembali segala hal yang telah mereka lakukan pada hari itu dan mengambil sebuah pelajaran yang bisa menjadi orang tersebut menjadi lebih baik lagi kedepannya. Karena seringkali kita tidak menyadari bahwa hal-hal yang telah kita lakukan itu  sering menyakiti hari orang lain. Sehingga kita perlu melakukan interospeksi diri agar kita menyadari dan kita tidak mengulangi hal itu lagi. 

     Maka dari itu, saya berharap pidato ini dapat mengingatkan bapak ibu guru serta teman-teman sekalian tentang pentingnya introspeksi diri. Dan apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati bapak ibu guru dan teman-teman sekalian, saya mohon maaf. Sekian pidato saya hari ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 







No comments:

Post a Comment