Sunday, October 21, 2018

Pentingnya Introspeksi Diri

    Introspeksi diri sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Introspeksi diri berarti mengevaluasi diri mengenai segala hal yang telah kita lakukan dalam kurung waktu tertentu. Dengan mengintrospeksi diri berarti kita menyadari kekurangan dalam diri kita dan bersedia untuk memperbaikinya.

   Tjiptadinata Effendi, seorang grandmaster reiki yang juga sudah menulis beberapa buku tentang kehidupannya, menuliskan pada laman kompasiana bahwa introspeksi diri atau evaluasi diri, dapat juga dikatakan sebagai langkah untuk bercermin diri, berpatut diri dan memeriksa. Mungkin masih ada hal-hal yang perlu dibenahi dalam perilaku dan sikap kita dalam mengambil sebuah keputusan. Terutama keputusan yang menyangkut masalah kehidupan kita dan kehidupan orang lain.

  Selain itu, Tjiptadinata Effendi juga menganalogikan introspeksi diri dengan sebuah kapal yang berlayar. Kapten kapal perlu untuk selalu melakukan evaluasi dan tidak mempercayakan semuanya begitu saja kepada awak kapalnya, karena bila salah memberikan kepercayaan, maka karena kesalahan kecil dapat menyebabkan kapal karam. Menurut Tjiptadinata Effendi, kita adalah kapten dari kehidupan kita.

   Jadi, introspeksi diri sangatlah penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain dapat menyadari kekurangan dalam diri, kita juga dapat memperbaiki diri agar menjadi orang yang lebih baik lagi. Maka dari itu, pentinglah bagi kita untuk mengintrospeksi diri atau mengevaluasi diri.

Penulis: Christina Angeline
Penyunting: Hannie

No comments:

Post a Comment